Retouched Photo

5.3.11 4 komentar
Lama ngga nulis di blog ini, bukan karena keseharian saya terlalu sibuk, tapi karena terlalu banyak ide di kepala saya yang ingin saya tuangkan di sini. Tapi berhubung terlalu banyak dan waktu tidak memadai, akhirnya saya ngga jadi posting, hahaha, alasan klasik.

Sekarang saya mau posting tentang Retouched Photo. Mungkin beberapa teman dan orang di sekitar saya setuju kalau saya cocok jadi tukang foto hobi banget photo editing. Mulai dari bongkar pasang foto (aih bahasanya bongkar pasang, emang bengkel), sampai coloring dan gambar langsung. 

Contoh foto yang pernah saya edit bisa dilihat di sini:
  1. Bongkar pasang foto
  2. Color editing
  3. Drawing on photosop
Nah, berhubung akhir-akhir ini kegiatan sering melibatkan edit-mengedit foto, saya penasaran bagaimana cara memperbaiki gambar yang resolusinya rendah menjadi tinggi. Saat saya tanya mbah google, saya bingung juga mencari kata kunci yang tepat. Akhirnya saya coba pakai kata kunci "cara memperbaiki kualitas foto" Dan benarlah muncul banyak link website dan forum yang menyatakan ada program yang bisa memperbaiki kualitas foto. Saya tertarik sekali download program tersebut, tapi saya takut trial. Kalaupun ngga trial saya paling takut deh ama yang namanya install program (terutama yang pakai keygen) pasti saya angkat tangan dan minta tolong ke adek saya, Surya atau Ayu Aditi.

Akhirnya, setelah berkonsultasi ke kedua adik saya, saya tidak jadi download program tersebut. Ayu aditi bilang, pakai Adobe aja uda bisa memperbaiki hasil gambar (dia menyarankan menggunakan Adobe Lightning Room). Memang saya sering menggunakan ALR untuk memperhalus foto saya, tapi foto saya yang berasal dari iPod touch saya benar-benar tidak bersahabat dengan ALR. T^T

Akhirnya, adik saya Surya memberi tahu website yang menunjukkan cara memperbaiki resolusi gambar, dan itu HARUS BAYAR! Sebelum saya sempat bersedih, Surya sudah menghibur saya terlebih dahulu. "Tenang Yu! Ngga usah dah download aplikasi macem-macem. Pake Adobe Photsosop juga bisa!" Oh really? That's a good news!

Surya berjanji akan membuka-buka lagi cd tutorial yang dia beli (ada 10 cd  ebuset dah) dan berjanji akan mengajarkan kepada saya. Tapi, belum sempat adik saya itu buka tutorialnya lagi, saya sudah keburu menemukan jalan keluarnya. ~ayay!

lumayan signifikan kan? ahahaha maksa
Jadi apa yang saya retouch dari foto hasil jepretan iPod Touch saya? Itu loh, bintik-bintiknya jadi ilang. Hahaha...

4 komentar:

  • yuiayumisakurai mengatakan...

    abang John: ngga cocok jadi fotografer bayaran nih ^^ Soalnya tukang foto kan kerjaannya ya retouch foto ^^ hihihi...

    Saya bukannya ngga suka ngedit foto orang lain, tapi saya takut ngedit foto orang, soalnya takut ngga sesuai selera :P

  • merry go round mengatakan...

    Tidak bersahabat dengan segala software pengeditan foto nih. Lebih karena nggak ngerti dan belum belajar sih. Tapi ada niat buat belajar kok, cuma waktu sama tutornya aja yg blm ada ;)

  • yuiayumisakurai mengatakan...

    huehehehe, sama kak Cha ^^ ayu juga ngga bersahabat dengan segala macem software T^ tapi di rumah semua pada ngerti IT (kecuali ibu), mau ngga mau dapet ilmu dari adek-adek dan dari bapak, huehehe :D

 

©Copyright 2011 Happily Ever After | TNB