Cara Menjaga Koleksi Pustaka Kita

13.8.10 0 komentar
saya dan koleksi buku-buku saya

Setiap orang punya hobi yang berbeda. Ada yag hobi menulis, baca buku, travelling, olahraga, fotografi, bermusik dan lain-lain. Saya pribadi merupakan orang yang kapasitas keluar rumahnya sangat jarang. Bisa dibilang anak rumahan dan kampungan. Saya sebenarnya suka travelling, fotografi dan segala aktivitas di luar rumah, tapi kondisi tak memungkinkan, karena perlu waktu yang banyak.

Memang yang namanya hobi bikin kita rela menguras kocek buat menyalurkan hobi kita tersebut. Seperti saya, yang rela menghabiskan banyak uang saku saya untuk membeli manga (komik Jepang), novel dan majalah. Saya memang hobi mengoleksi sesuatu. Jika saya benar-benar jatuh cinta dengan sesuatu, saya langsung berniat mengoleksinya. Sampai sekarang ada banyak barang yang saya koleksi, diantaranya koleksi Manga, novel, majalah (seperti yang saya sebutkan tadi), action figure, accesoris, sepatu, dan dvd (asli dan b*j*k*n). Tapi yang paling sering saya tambah koleksinya cuma manga, dvd dan sepatu.

Cuma sekedar berbagi informasi, bagi orang-orang yang juga suka mengoleksi pustaka seperti komik, novel dan sebagainya, bisa ikuti tips saya.

1. Untuk pustaka yang tidak tebal, usahakan meletakkan mereka dalam posisi tertumpuk ke atas, bukan ke samping. Hal ini disebabkan karena lebar penopang bukunya jadi lebi sempit, sehingga mudah bergeser dan jatuh, membuat pustaka anda cepat rusak.

2. Untuk pustaka yang tebal, posisikan sebaliknya, diletakkan sejajar.

3. Untuk pustaka yang relatif kecil, berikan bungkus plastik (bukan sampul) yang bisa dibeli di toko-toko plastik sesuai ukuran bukunya. Jika kita menggunakan sampul buku, kita bisa merusak sampul bagian dalam karena cenderung menggunakan lem, stapler ataupun selotip. Selain itu, jika menggunakan sampul buku bisa membuat kertas bagian dalamnya menguning dimakan waktu karena tidak dilindungi.

4. Kalaupun memang berniat memberi identitas pada buku-buku kita, usahakan jangan sampai mencorat-coret isinya. Kita bisa gunakan stiker yang kita buat sendiri,jadi tinggal tempel di cover dalam/luar.

5. Kalau punya dana lebih bisa membeli lemari khusus untuk menampung koleksi buku kita tersebut. Usahakan jangan memilih meja kayu karena bisa membuat suasana buku lembab dan cepat kuning.

Hanya itu saran yang bisa saya rekomendasikan. Semoga berguna.


0 komentar:

 

©Copyright 2011 Happily Ever After | TNB