Hecting Time!

17.7.10 1 komentar
time to show off!

Miris rasanya malam minggu seperti ini malah berkutat dengan laptop. dan tahukah sobat, sekarang saya lagi mengalami masa-masa pancaroba nih. Apa sebab? Soalnya materi kuliah kali ini tentang praktek yang istilah kerennya OSCE (saya benar-benar lupa kepanjangannya).

OSCE itu bagai neraka, sobat! Bayangkan dari banyak blok OSCE yang saya lalui tak ada yang lulus sekali jadi (emangnya mie instan?). Yah pokoknya gawat binti heboh deh pelajaran sekarang. Tapi sebagai mahasiswi yang baik, saya rasanya bisa mengidentifikasi kesalahan saya.

Pertama, karena saya terlalu malas belajar.
Pembelaan diri: soalnya OSCE ini pelajaran yang secara langsung menghalangi saya dengan libur, jadinya ngerjainnya ogah-ogahan.

Kedua, mungkin karena saya terlalu menggampangnya.
Pembelaan diri: nda ada. Emang saya yang salah kok, uda OSCE berkali-kali ngga juga belajar dari kesalahan. Pokoknya sekarang harus lulus ujian utama!

Ketiga, waktunya mepet!
Pembelaan diri: nah ini alasan yang bener-bener bikin saya selalu menggerutu menjelang ujian OSCE. Masa kita dikasi waktu ujian cuma lima menit? Mulutku rasanya berbuih dan jantung serasa mau lepas saking deg-degan di kejar waktu.

Tapi ya sudahlah, pokoknya intinya sekarang harus berusaha. Malam ini saya harus fight bertempur melawan Clinical Reasoning. Masih banyak yang harus dicari. Semangat Ayu!

Ini adalah salah satu praktek yang saya harus lakukan selama 5 menit. Jangan tertipu dengan gambar di bawah ini sobat! Ini cuma simulasi. Aslinya ya pake jarum sungguhan dan alat bedah sungguhan, cuman teteup pake manekin (siapa sih yang rela dijadiin korban praktek mahasiswi pecicilan macam saya?)


HECTING PROCEDURE
(PROSES MENJAHIT LUKA)

1. Prosedur umum sebelum menjahit layaknya identifikasi pasien, meminta inform consent (kesediaan pasien untuk dilakukan tindakan), bersihkan luka dan cuci tangan pake sabun dan desinfektan.

2. Gunakan handscoon (a.k.a sarung tangan latex yang steril tentunya), sterilkan luka dengan desinfektan, bius lokal pasien dengan lidocain.

3
. Mulailah proses menjahit. Bisa dengan tusuk flanel, tusuk silang, atau macam-macam tusuk lainnya. Tapi yang dianjurkan sih yang sesuai ketentuan yang berlaku aja.

Lihat Simulasinya yuk!
:puppyeyes:
tusuk jarum ke dalam kulit,
pastikan tidak terlalu dalam atau
superfisial
buat simpul.


ini nih teknik keren macam team medical dragon

ulang hingga tiga kali simpul

Satu jahitan selesai. Tinggal jahit beberapa tusuk lagi disesuaikan kebutuhan.
Nah, ada yang mau dijahit gratis?
:devilishgrin:

1 komentar:

 

©Copyright 2011 Happily Ever After | TNB