I Love Greek Myths

13.8.10 1 komentar
Zeus dan putra-putrinya

What?

I am talking about Greek Myth. Apa ada diantara kalian yang suka mitology Yunani? Jangan bilang ngga suka kalau nyatanya kalian menikmati Percy Jackson series (film maupun novelnya), atau Troy (film dan game) atau Clash of Titans (baik game maupun filmnya) karena cerita mereka berdasarkan cerita mitology.

When, Where, Why?
Saya sudah suka mitology sejak jaman Hercules booming (movie, kartun, bahkan game PS1-nya). Lalu apa yang membuat saya hingga tergila-gila membaca cerita tentang mitology Yunani? Mengapa bukan mitology Roma?

Pertama, saya lebih menggemari Yunani daripada Roma. Why? There's no reason why I prefer Greek than Rome, just like I feel what I need to feel bout it :hammer:

Who?
I admit, those stories sometime don't make sense anyway, but I love the way what Paul Veyne says. Dia bilang: "Mitology mengandung kebenaran, namun penuh kiasan. Ia bukanlah kebenaran sejarah yang bercampur dengan kebohongan. Ia mengandung pemikiran filosofis. jangan mengartikan secara harafiah, tapi maknai sebagai sebuah kiasan"
Betul, betul betul!

How?
Well okay, ini adalah salah satu referensi yang bagus buat kalian pecinta buku, bisa mencoba membaca kisah-kisah mitology para dewa-dewi dari Gunung Olympus (gunung Olympus thu dimana lagi), just forget about it.

Untuk sekedar referensi, bagi yang suka cerita berbahsa Inggris, you can find them at Wikipedia but if you prefer Indonesian you can find a lot of simple stories in this book ^^ (I am not trying to advertise you, trust me I am clear!)

cerita mitology Yunani oleh Anton WP

Which One?
Kalau saya tertarik dengan kisah-kisah berikut:
1. Adonis dan Aphrodite
2. Eros (yang dikenal sebagai Cupid)
3. Athena dan Arachne
4. Achilles dan Paris dari pertempuran Troy
5. Hercules/Heracles
6. Si kembar Artemis dan Appollo
7. Saya kurang tertarik dengan kisah cinta mengerikan milik Zeus, Trisula Poseidon (I prefer cerita cinta Hades dan Persephone).
8. Kisah Orang Yunani kenapa disebut Helen.
9. My favorite: Asal mula nama Ursa mayor dan Ursa Minor.
10. Asal muasal nama Arachnida dan Narcissus.


Last but not Least
Kata dosen saya, bahasa kedokteran yang baik harus menggunakan bahasa Latin, karena bahasa tersebut sudah mati sehingga tidak ada sifat ambiguitas di sana. Bahasa Latin disebut juga Lingua Pura atau bahasa murni.

Gara-gara baca mitology ini saya jadi ingin menamai anak saya Rhea, Io, Gaia, Phyrra, dan Hellen. Kalau cowok pengen kunamain Dyonisus dan Hades :big hammer:

Ngomong-ngomong soal Olympus, ada lagu yang dimainin Maksim yang judulnya Olympic Dream, keren banget! Bisa liat di sini.

1 komentar:

  • missy zeezee mengatakan...

    iyyhh kakaknya ini samaan d suka percy jackson,,,,sayang filmnya kayanya gak lanjut kebuku yg ketiga yy,udah penasaran battle of the labyrinth actually :))

 

©Copyright 2011 Happily Ever After | TNB